Mana yang Menurut anda Lebih Unggul atau Powerfull..........?
Pada Tahun 2017 ini, penggunaan video sebagai alat marketing sudah mulai banyak dilakukan, bahkan merambah ranah media sosial.
Selama ini, mungkin Anda sudah sering mendengar YouTube sebagai situs yang berkuasa untuk niche video marketing dunia. Namun siapa sangka, belakangan ini tersiar kabar bahwa Facebook mulai menyamai, bahkan sedikit lebih unggul sebagai media penerap video marketing.
Para Pelaku Digital Marketers seperti Anda pasti ingin sebanyak mungkin orang melihat video Anda. Namun tentu Anda hanya akan bayar untuk iklan yang benar-benar ditonton oleh pengunjung.
Fitur autoplay di Facebook tentu senantiasa memastikan pengunjungnya memutar iklan tersebut, namun video YouTube yang dapat di-skip tentu akan menyaring orang-orang yang benar-benar butuh produk teriklan.
Lalu, mana yang lebih unggul dalam video marketing?
Target Audiens
YouTube merupakan search engine nomor 2 terbesar setelah Google, dengan 3 triliun pencarian setiap bulannya serta keunggulan bahwa setiap video di YouTube berhubungan satu sama lain. Ketika orang melakukan pencarian di YouTube, itu artinya dia memang berniat menonton video. Sudah jelas bila target audiens Anda benar-benar mereka yang ingin menonton video.
Di sisi lain, Facebook mengarahkan iklan berdasarkan ukuran sosial seperti komentar, likes, atau views. Jadi belum tentu audiens Facebook ingin menonton video.
Meski begitu, untuk menonton iklan video di Facebook, seseorang harus log in. Hal ini tentu membuat pengiklan Facebook mampu menargetkan iklan ke audiens potensial berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, hingga ketertarikannya terhadap sesuatu.
Belum ada yang dapat menyaingi kemampuan targeting yang dimiliki Facebook, YouTube sempat menawarkan kategori targeting yang serupa, namun masih belum se-spesifik Facebook.
YouTube hanya mengarahkan iklan sesuai dengan kategori channel yang diputar pengunjung.
Biaya Pengiklanan
Baik Facebook maupun YouTube masing-masing menawarkan tools yang dapat diatur sendiri oleh pengiklan, namun dengan cara kerja yang berbeda, meski keduanya sama-sama meminta pengiklan untuk memasukkan budget dan audiens yang ditarget.
Facebook menawarkan harga fixed per ribuan interaksi serta perkiraan interaksi setiap harinya. Sedangkan YouTube akan menawarkan brand untuk memasukkan jumlah maksimal yang akan dibayar untuk iklan yang ditonton hingga habis. YouTube kemudian memperkirakan biaya per tontonan dan berapa tontonan dalam sehari.
Keunggulan YouTube sendiri terletak pada kebebasan bagi viewer untuk melewati iklan yang ditayangkan. Fitur TrueView yang dimiliki YouTube hanya mengharuskan pengiklan untuk membayar ketika iklan ditonton hingga habis sehingga cost per view jadi lebih akurat.
Sedangkan Facebook menghitung jumlah views setelah 10 detik iklan diputar. Meski begitu, Facebook tetap melaporkan berapa banyak views yang menonton iklan selama 50%, 75% dan 100% panjang durasi. Dengan begitu, pengiklan akan mampu menghitung biaya efektif pemasangan iklan.
Lalu, menurut Anda, manakah yang sesuai dengan kebutuhan pengiklanan Anda saat ini? Apapun platformnya, yang terpenting adalah pastikan bahwa kampanye video marketing yang saat ini Anda buat benar-benar efektif untuk pemasaran produk Anda.
Recomended Product
Berikut saya berikan informasi product digital yang bisa membantu anda memaksimalkan pembuatan Video Marketing.
Dan Video Marketing tersebut tentu bisa anda upload di Youtube maupun di facebook sebagai sarana/media marketing anda.
Panduan Lengkap Dengan Video Tutorial Step by Step Plus Software
Pendukung Bagaimana Membuat Video Marketing Bisnis Dan Video Tutorial
Secara Expert Dengan Mengajarkan Anda 4 Model Jenis Video Bisnis Yang
Sering Di Gunakan Di Internet Marketing
Kursus Online Pembuatan Video Marketing dengan basic Whiteboard Video.
Sebuah paket template power point video yang akan mempermudah anda
membuat video marketing, dengan template dan graphic video yang super
lengkap, kami bisa pastikan anda tidak lagi kesulitan dalam membuat
video promosi anda, apapun yang anda jual..
Training
khusus bagaimana anda bisa membuat video profesional dengan
memanfaatkan smartphone (mobile) anda, 100% tehnik yang mudah diterapkan
oleh mereka yang masih pemula sekalipun dalam hal editing video. apa
yang anda dapatkan di training ini bisa jadi membuat anda akan
terperangah dengan hasil karya anda. Tanpa DSLR Kamera & Peralatan Mahal lainnya.
Paket berupa Video PRAKTEK LANGSUNG yang akan
menunjukkan langsung Langkah demi Langkah Bagaimana proses sebuah video
bisa langsung muncul di halaman 1 Google & You Tube.
Semoga Bermanfaat.